Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 12, 2008

Bersama Mengatasi Perubahan Iklim

Sebuah komunitas baru yang komitmen dengan penangan perubahan iklim di Indonesia bernama Jaringan Masyarakat Indonesia untuk Perubahan Iklim (JAMPI) atau Indonesian Soceity for Climate Change (IStoCC) resmi berdiri pada tanggal 8 Juni 2008, yang diawali sebuah pertemuan nasional mendorong partisipasi masyarakat dalam penanganan perubahan iklim yang berlangsung pada tanggal 7-8 Juni 2008 di Hotel Atlet Century Jakarta yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup yang dihadiri oleh multistakeholder di Indonesia.

Menjelang pernas ditutup berbagai usulan muncul tentang perlunya ada wadah yang bisa menjadi media sharing informasi dan belajar bersama dalam penanganan perubahan iklim di Indonesia. Berbagai usulan nama pun muncul, diantaranya ada yang mengusulkan nama Komnas Perubahan Iklim, Working Group Perubahan Iklim, Aliansi Masyarakat untuk Perubahan Iklim, Front Perubahan Iklim (FPI), dan Jaringan Masyarakat Indonesia untuk Perubahan Iklim.

Dari sekian nama itu, setelah melalui di…

Bencana Longsor di Jeneponto ,22 KK Terancam Tertimbun

Jeneponto,Greenpress - Sebanyak 22 kepala keluarga (KK) atau 70 jiwa warga Dusun Goyang, Desa Gantarang, Kecamatan Kelara, Jeneponto, terancam tertimbun longsoran bukit yang berada persis di belakang rumah seluruh warga ini.

Warga setempat menamakan bukit itu Gunung Goyang. Tingginya sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Bukit ini terancam ambruk karena punggungannya telah retak dengan posisi horisontal sepanjang 150 meter.

Kedalaman tanah yang retak tujuh meter dengan lebar tiga meter. Sudah sekitar setahun punggungan bukit ini retak. Keadaan itu hampir sama dengan keretakan tanah di pos delapan dan pos sembilan Gunung Bawakaraeng.

Keretakan di Gunung Bawakaraeng itu menyebabkan dinding gunung di pos sembilan ambruk dan menjatuhkan ratusan juta kubik tanah dan batu. Peristiwa ini terjadi tahun 2005 dengan jumlah korban jiwa puluhan orang dan ratusan hektare sawah serta rumah tertimbun.

Penyebab retaknya punggungan bukit Gunung Goyang itu akibat perambahan liar yang dilakukan warga.…