Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juni 14, 2008

Konsel Timur Lumpuh -- Jalan Nasional Poros Moramo-Kolono-Punggaluku Longsor di Dua Tempat

Konawe-Greenpress-Bencana banjir di Konawe Selatan bukan saja menenggelamkan ratusan rumah warga dan lahan perkebunan, tetapi juga sarana vital lainnya ikut rusak. Hal yang paling parah adalah putusnya jalur transportasi yang menghubungkan Moramo-Kolo-Punggaluku. Jalan yang berstatus jalan nasional ini mengalami longsor di dua tempat, yakni, di Desa Ulusena, Kecamatan Kolono dan Desa Laiena, Kecamatan Lainea. Di ruas jalan ini, kendaraan roda dua dan empat segala jenis tak dapat lewat. Sepanjang 30 meter jalan yang posisinya di tebing, ambrol di jurang yang kedalamannya lebih dari 50 meter.

Selain itu, aliran listrik di wilayah Konawe Selatan bagian Timur ini padam akibat beberapa tiang listrik roboh dan jembatan putus. Parahnya lagi, jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda empat jenis apapun. Putusnya jalan yang mengubungkan Kecamatan Kolono dengan kecamatan lainnya mengancam masyarakat di 26 Desa itu terancam terisolir.

Bencana ini langsung ditinjau Bupati Konsel, H Imran didampingi…

Promosikan Potensi Laut Konsel, DKP Gandeng AJI

Kendari, Greenpress - Hasil kekayaan laut Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melimpah ruah dan kualitasnya cukup tinggi. Namun begitu, belum banyak pihak luar yang mengetahuinya sehingga menyebabkan tingkat pemasarannya belum bisa mencapai pasar nasional maupun internasional. Akibatnya meskipun melimpah belum memberikan hasil yang memuaskan bagi pemasukan kas daerah.

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Konsel menjalin kerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Kendari, untuk mencari solusi terbaik dalam mengembangkan potensi laut yang dimilikinya. Salah satu bentuk kerjasamanya adalah pemanfaatan media sebagai wadah promosi yang tepat. Dimana media bisa diakses oleh seluruh masyarakat sehingga dengan demikian potensi yang dimiliki bisa diketahui oleh khalayak ramai.

Kepala DKP Kabupaten Konsel, Andi Aria dalam workshop yang digelar, Senin lalu mengatakan potensi laut yang memiliki daya jual adalah rumput laut, udang, ikan, rajungan serta sumber daya lainnya yang mas…

Ratusan Hektar Sawah Terendam Banjir

Unaaha, Greenpress-Sudah jatuh, tertimpa tangga. Pepatah inilah yang cocok bagi petani padi sawah di Konawe. Dimana beberapa waktu lalu ratusan hektar sawah di Konawe terserang hama tikus,kali ini sisa padi mereka terendam banjir sehingga musim tanam kali ini terancam gagal panen (puso).


Banjir terjadi di Kecamatan Wonggeduku yang merendam 204 Ha sawah, tepatnya di Desa Dawi-dawi 60 Ha, Bendewuta 65 Ha, Kasumokuni 60 Ha, Lalousu 19 Ha, dan sisanya di Desa Ambeuwiu, Baruga dan Pudai dengan ketinggian air mencapai 50-75 Cm.

Lahan sawah yang terendam banjir ini juga terjadi di Kecamatan Pondidaha, tepatnya di desa Ambulano 70 Ha, Wonua Monapa sawah 10 Ha, Kedelai siap panen 100 Ha, desa Sulaimandara, padi 40 Ha, lada 28,10 Ha, jeruk 2,25 Ha dan puluhan hektar tanam kedelai di Desa Belatu yang terletak dipinggir sungai Konaweha, 50 Ha di Desa Puumbinisi.

Camat Wonggeduku, Firdaus mengatakan, banjir ini telah terjadi sejak turun hujan yang terjadi selama beberapa hari ini.

Menurut mereka banji…