Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Juli 12, 2008

Perubahan Iklim Didanai Bank Dunia dan Pihak Asing

Jakarta - Bank Dunia dan pihak asing berkomitmen memberikan dana bagi suksesnya program mengatasi perubahan iklim yang diketuai Indonesia sesuai dengan "Bali Road Map".
"Dalam acara G-8 yang diadakan di Jepang kita bertemu dengan Direktur Bank Dunia, dan mereka mengapresiasi usaha Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim. Mereka dan pihak lainnya berkomitmen untuk membantu pendanaan dari program tersebut," kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, di Jakarta.

Menurut Mari, Bank Dunia mengapresiasi mengenai program perubahan iklim. Dan dari berbagai pihak termasuk Bank Dunia menawarkan dana dalam rangka mengatasi perubahan iklim.

Dia mengatakan pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa telah memiliki program dengan Australia dengan istilah "partnership for carbon in forestry".

Langkah ini, menurut dia, disambut baik oleh beberapa negara dimana program ini dapat ditingkatkan cakupannya.

Termasuk Bank Dunia mempunyai dana untuk investasi dengan hal yang berkait…

87 Spesies Ikan Langka di Indonesia Terancam Punah

Padang, - Sebanyak 87 spesies ikan langka di Indonesia terancam punah, akibat tekanan perubahan teknologi secara pesat dan perilaku negatif terhadap keanekaragaman sumber daya perikanan.

"Kini sudah terlihat nyata banyaknya jumlah spesies ikan langka di Indonesia terancam punah. Dari penelitian diketahui spesies terancam punah ini mencapai 87 spesies," kata Pakar Perikanan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Bung Hatta (UBH), Prof Dr Ir Hafrijal Syandri, MS di Padang, Sabtu.

Hal itu disampaikannya saat dikukuhkan sebagai guru besar tetap bidang ilmu pengelolaan perikanan perairan umum dan teknologi reproduksi ikan pada Fakultas Perikanan dan kelautan Universitas UBH.

Dalam pengukuhan yang dilakukan Rektor UBH, Prof Dr Yunazar Manjang itu, Prof Hafrijal Syandri menyampaikan pidato ilmiah berjudul "Ancaman terhadap plasma nutfah ikan bilih (Mystacoleusus padangensis Blkr) dan upaya pelestariannya di habitat Danau Singkarak".

Menurut dia, dari 88 spesie…

Dewan Nasional Perubahan Iklim Terbentuk

Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia mengesahkan Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) yang diketuai langsung oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan melibatkan 17 departemen/kementerian dan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG).

"Dewan Nasional ini disahkan lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 46 tahun 2008, dan ditandatangani oleh Presiden Yudhoyono pada 4 Juli lalu," kata Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar, dalam jumpa pers yang digelar di rumah dinas, di Jakarta, Jumat sore.

Rachmat Witoelar menjelaskan bahwa Perpres Dewan Nasional Perubahan Iklim ini terlahir lewat proses yang cukup lama, sejak setahun terakhir.

"Semangat dewan ini adalah mengimplementasi Rencana Aksi Nasional (RAN) tentang perubahan iklim yang telah ditetapkan pada November tahun 2007," kata Rachmat seperti dilansir Antara.

Menurut Rachmat, Dewan Nasional ini bisa dianggap sebagai "kendaraan" bagi pencapaian RAN Indonesia menanggulangi dan meredam laju perubaha…

Kualitas Udara Kota Makassar Membaik

Suasana pemandangan dipantai losari menjelang sore hari.

Makassar, Greenpress - Makassar ditetapkan sebagai sebagai satu dari lima kota di Indonesia yang memiliki kualitas udara terbaik versi Kementerian Lingkungan Hidup RI. Makassar pun menerima penghargaan bernama Penghargaan Kota Langit Biru.


Penghargaan diterima Wakil Wali Kota Andi Herry Iskandar di Istana Negara, Jakarta, Jumat (11/7). Penghargaan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar mewakili Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Presiden semula akan menyerahkan penghargaan ini tapi karena berhalangan maka menteri yang menyerahkan,'' kata Herry dalam telepress conference di Balaikota Makassar. Selain Makassar, empat kota yang menerima adalah Denpasar, Surabaya, Jakarta Pusat, dan Yogyakarta.

Penilaian dilakukan terhadap beberapa kategori seperti emisi gas buang dan pengukuran timbal dalam udara. Kementerian lingkungan hidup juga menyerahkan alat uji kualitas udara kepada lima kota peraih penghargaa…