Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus 10, 2008

Al Gore Hadiri "Miss International Earth" di Bali

Denpasar- Aktivis lingkungan Al Gore, mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, dijadwalkan menghadiri pemilihan putri bumi atau "Miss International Earth 2008" di Bali, pertengahan November mendatang.

"Al Gore kita harapkan bisa hadir bersama putri bumi dari berbagai negara, termasuk Indonesia, yang akan bersaing menjadi yang terbaik," kata Ketua Yayasan Putri Bumi Indonesia, Adilwan Astrawinata menjawab ANTARA News di Denpasar, Minggu.

Disebutkan bahwa jumlah negara yang telah mengikuti program pelestarian lingkungan melalui pemilihan putri bumi yang bertindak sebagai juru kampanye, terus bertambah, kini mencapai 149 negara.

Indonesia baru untuk kedua kalinya melakukan pemilihan putri bumi yang berakhir Minggu (10/8) dini hari di panggung terbuka Arda Chandra Taman Budaya Denpasar, dengan menetapkan lima orang yang terbaik dari 22 finalis yang telah menjalani serangkaian tahapan seleksi.

Hedhy Kurniati (20) terpilih sebagai putri bumi atau "Miss Indonesia Earth 200…

Tahun 2030 Pulau Jawa Kehabisan Air

Bandung,- Kepala Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa Kementerian Lingkungan Hidup, Sudarsono menyatakan pada 2030 mendatang Pulau Jawa akan kehabisan air akibat kerusakan lingkungan di Daerah Aliran Sungai (DAS).


Selain itu, maraknya pengalihan fungsi lahan, tekanan politis atas kebijakan Rencana Tata Ruang dan Wilayah sangat mempengaruhi kondisi ini, ujar Sudarsono seusai berdiskusi di Kantor Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda di Bandung, Jumat.

"Dengan jumlah penduduk sebanyak 163 juta orang dan dengan daya dukung lingkungan yang rusak maka secara terukur kekurangan air benar-benar akan terjadi," katanya.

Ia menjelaskan beberapa langkah tengah dipersiapkan dalam menghadapi krisis air tersebut diantaranya adalah melakukan perbaikan di 13 DAS di sepanjang Jawa diantaranya Brantas, Serayu, Cisanduri, Cidano dan Jatunselung.

"Kerusakan yang paling banyak terjadi terdapat di wilayah Jawa Barat dimana reboisasinya kurang berhasil sehingga kerusaka…