Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari September 17, 2008

Lapisan Es di Kutub Utara Dalam Kondisi Terendah Pada 2008

Washington - Lapisan es di laut Kutub Utara tampaknya telah mencapai tingkat paling rendahnya sepanjang tahun dan tingkat paling rendah kedua yang tercatat sejak kelahiran era satelit, demikian menurut pengamatan dari U.S. National Snow and Ice Data Center.


Meskipun berada sedikit di atas catatan rendah minimum yang ditetapkan pada 16 September 2007, musim tahun ini memperkuat kecenderungan negatif kuat pada lapisan es laut selama musim panas yang diamati selama 30 tahun terakhir, demikian antara lain isi laporan yang disiarkan Selasa seperti dilansir Antara.

Sebelum tahun lalu, catatan rendah sebelumnya untuk September ditetapkan pada 2005. Pusat data tersebut akan mengeluarkan alanisi mengenai kemungkinan penyebab di balik kondisi es laut Kutub Utara tahun ini selama pekan pertama Oktober.

Pada Maret, ketika Kutub Utara mencapai lapisan es laut maksimumnya selama mudim dingin, beberapa ilmuwan dari NASA dan pusat data pendukung NASA melaporkan lapisan es yang lebih tua dan tebal terus …

Tipisnya Ozon Terbukti dari Berubahnya Iklim

Bogor - Menipisnya lapisan ozon di ruang angkasa telah mengakibatkan timbulnya efek rumah kaca, yang dampaknya telah dirasakan penduduk dunia, antara lain meningkatnya panas suhu udara dan berubahnya iklim.

"Kita bisa merasakan sendiri sekarang ini, hujan tiba-tiba turun setiap hari, padahal, hari-hari di bulan September ini menurut para ahli cuaca masih musim kemarau. Inilah salah satu bukti bahwa iklim mudah berubah-ubah," kata Asisten Sosial Ekonomi (Sosek) Bambang Hemanto mewakili walikota Bogor pada peringatan Hari
Ozon se-dunia di Bogor, Selasa.

Pada peringatan yang berlangsung di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarjati 9 Bogor Utara, ia mengatakan Hari Ozon se-Dunia merupakan salah satu hari yang diperingati masyarakat di berbagai negara pada setiap tanggal 16 September.

Tanggal tersebut ditetapkan berdasarkan resolusi PBB tahun 1994, sebagai kesepakatan banyak negara untuk mengajak masyarakat di dunia peduli terhadap kerusakan ozon yang semakin mengancam kehidupan semua ma…