Langsung ke konten utama

Polisi Pandeglang Tangkap 11 Pembalak Kayu Liar

Pandeglang - Polisi Pandeglang berhasil menangkap 11 pembalak kayu liar sepanjang tahun 2008, dan para tersangka tengah menjalani sidang pengadilan hingga ada yang di penjara.


Kepala Satuan Resese dan Kriminal Kepolisian Resort (Kasatreskrim Polres) Pandeglang, AKP Yusup Rahmanto, mengatakan bahwa dari 11 tersangka pembalak kayu liar itu ada empat kasus di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kecamatan Sumur, dan satu lagi kasus di Perum Perhutani Kecamatan Angsana.

Pelaku ada yang dijatuhkan hukuman selama 10 tahun, yakni pembalakan liar di TNUK itu.

"Hukuman selama 10 tahun ini, agar masyarakat tidak mengulangi kembali karena TNUK merupakan hutan konservasi," katanya seperti dilansir Antara.

Dia menyatakan, kasus pembalakan liar pihaknya tidak akan main-main karena bisa menimbulkan bencana banjir dan longsor.

Selain itu, kondisi hutan konservasi harus dilindungi dan dijaga bahkan Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tersangka pembalakan liar di TNUK bisa dihukum penjara 10 tahun.

Ia menilai, keberhasilan polisi menangkap para pembalak kayu liar itu tidak lepas dari peran serta masyarakat yang cepat melaporkan kepada petugas, sehingga pelaku bisa diamankan.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat, agar senantiasa berkordinasi dalam penanganan masalah kriminal. (Ant)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

RoFA, Melihat Indonesia yang Sesungguhnya

Perjalanan tim ROFA. Foto: RoFA.

Tak banyak anak negeri yang rela menghabiskan waktu, pikiran, dan energinya menjejalahi kepulauan Nusantara. Adalah Youk Tanzil bersama anaknya beriniasif melakukan perjalanan panjang menjelajahi Nusantara sebagai bentuk dedikasi dan kepedulian mereka pada Indonesia. Ini merupakan cita-cita besar yang memang telah mereka idamkan sejak lama.