Langsung ke konten utama

Greepeace Serukan Pilih Partai Politik Pro Lingkungan

Photo : Greenpeace Indonesia.
Jakarta , Greenpress-Greenpeace meluncurkan kampanye “Pilih hutan untuk masa depan’yang menyerukan para masyarakat pemilih Indonesia untuk memilih partai yang pro dengan pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan yang berlangsung dilapangan Banten itu diikuti oleh para politisi, selebritis, aktivitis LSM dan para pendukung dalam acara peluncuran di Lapangan Banteng, Jakarta (14/3).

Bagi Greenpeace, pesta demokrasi yang akan berlangsung April 2009 merupakan momentum untuk memperbaiki lingkungan, dengan cara memilih partai politik yang berkomitmen untuk melindungi hutan Indonesia dari ancaman penyusutan yang juga berdampak pada hilangnya keanekaragaman hayati.

Mengingat luasan tutupan hutan Indonesia luasanya lebih dari 120 juta hektar, atau sekitar 10% dari tutupan hutan dunia merupakan paru-paru dunia. Selain itu hutan Indonesia merupakan benteng terakhir bagi habitat keanekaragaman hayati yang kritis, dan sangat penting bagi kehidupan masyarakat yang hidup di dalamnya dan berperan penting dalam mengatur iklim dunia. Namun hutan Indonesia mengalami deforestasi dengan salah satu tingkat tertinggi di dunia dan pengemisi gas rumah kaca ketiga tertinggi di dunia.

“2009 adalah tahun penentu bagi Indonesia untuk memilih pemimpinnya. Ini juga merupakan tahun yang sangat penting untuk mengatasi perubahan iklim dengan melakukan tindakan segera. Karena orang Indonesia akan menjadi yang paling terdampak perubahan iklim, dan sebagian besar emisi Indonesia disebabkan oleh deforestasi – menghentikan kerusakan hutan harus menjadi prioritas utama bagi pemerintah yang akan terpilih,” kata
Bustar Maitar, Juru Kampanye Greenpeace Asia Tenggara (14/3).
Menurut Bustar, pihaknya telah menghubungi ke-38 partai politik dan meminta mereka untuk memberikan komitmennya untuk segera menerapkan moratorium konversi hutan dan lahan gambut dan mengembangkan rencana aksi untuk mengurangi emisi gas rumahkaca Indonesia dari deforestasi sebanyak 75 persen pada tahun 2012 sebagaimana komitmen yang diberikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada masyarakat internasional tahun lalu.
Greenpeace telah menerima dukungan luas untuk kampanye pemilihan umum ini dari artis-artis terkemuka Indonesia, yang merekam testimoni video mereka untuk mendorong masyarakat untuk “Pilih hutan untuk masa depan”, termasuk Coklat, Samuel Rizal, Nadine Chandrawinata, Leony dan Didi Riyadi.

“Dengan memilih mereka yang akan melindungi hutan kita, kita memilih pemimpin yang menghargai nilai ekonomi, sosial dan lingkungan dari hutan Indonesia. Kita dikaruniai hutan tropis diantara yang paling kaya keanekaragaman hayatinya di dunia – ini harus membuat kita bangga,” kata Bustar. (Marwan Azis)

Komentar

Pos populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

ACARA GREEN FESTIVAL 2008

Jalan Masuk

Acara Green Festival 2008 sendiri akan mengambil tempat di Parkir Timur Senayan. Dari layout gambar yang dirilis panitia, pintu masuk Greenfest berada di sisi utara Parkir Timur Senayan, sedangkan panggung utama berada di ujung selatannya (membelakangi jalan raya Sudirman).


Untuk mempermudah akses masuk ke Green Festival, Anda disarankan masuk ke komplek Senayan melalui Century Atlit (Jl Pintu 1) atau TVRI (Jl Gerbang Pemuda) untuk selanjutnya langsung menuju Parkir Timur Senayan.

Pentas Musik
- T ai ko Jepang (alat tabuh): Jumat 16.10
- Choir Kid Purwacaraka: Jumat 16.25
- Capoeira: Jumat 19.05
- Nugie: Jumat 20.10
- Letto: Jumat 20.45
- SD Citra Indonesia : Sabtu 10.30
- Dwiki & The Next Gen: Sabtu 13.25
- SD & SMA Harapan Bangsa: Sabtu 14.25
- Nabila & Smart: Sabtu 15.45
- Ulli Sigar Rusady & Super Bintang: Sabtu 19.05
- Maliq & d'Essentials: Sabtu 19.25
- Marcell: Sabtu 20.15
- Ta ta loe: Minggu 10.30 & 17.00
- Bina Vokalia: Minggu 1…

Nusantara, Bak Surga Bagi Burung Migran

Ekosistem Nusantara yang terdiri atas pulau-pulau dan dikelilingi hutan mangrove menjadi lokasi persinggahan burung air yang bermigrasi dari berbagai belahan dunia. Indonesia bagaikan setitik surga bagi burung migran.