Langsung ke konten utama

RRI Berubah Menjadi Green Radio


Depok-Greenpress-Setelah Radio Utan Kayu Jakarta berubah menjadi Green Radio, langkah serupa juga dilakukan Radio Republik Indonesia (RRI) juga telah diresmikan sebagai Green Radio."

Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI), Parni Hadi menegaskan RRI bukan merupakan radio milik golongan tertentu saja tetapi merupakan milik semua golongan masyarakat.
RRI milik semua partai, apapun warnanya hijau, kuning, merah, biru, putih atau yang lainnya, " kata Parni Hadi dalam sambutannya pada acara pencanangan RRI sebagai Green Radio, di Kompleks Pemancar RRI, Cimanggis Kota Depok, Jawa Barat, Minggu.

Selain Direksi RRI, dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, Sekda Kota Depok, Winwin Wiantika, Plh Satpol PP, Sariyo Sabani dan perwakilan dari Departemen Kehutanan.

Acara tersebut didahului dengan bersepeda santai yang dimulai di Balaikota Depok, dan berakhir di Kompleks Pemancar RRI, Cimanggis, dan dilanjutkan dengan acara menanam 1.500 pohon di areal Kompleks Pemancar RRI.

Menurut Parni semua partai yang sedang menjalani kampanye partai terbuka saat ini, hendaknya mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungannya, dengan cara menanam pohon yang berguna bagi keasrian lingkungan.

"Selain lingkungan menjadi asri dan segar, penanaman pohon juga bisa mencegah banjir dan tanah longsor," jelasnya seperti dilansir Antara.

Ia mengkritisi keadaan sekarang dimana banyak parpol yang memperbanyak atribut partai sehingga merusak keindahan kota.

"Jadikan Indonesia yang alami dengan penghijuan tanaman, bukan meramaikan dengan atribut parpol," ujarnya.

Mantan Pemimpin Umum LKBN ANTARA, tersebut berharap kampanye dan berlangsung damai dan lancar. "Lakukanlah kampanye dengan pendekatan sosial budaya," harapnya.

Parni mengatakan Green Radio merupakan program siaran radio yang disepakati dalam sidang umum Asia Pasifik Broadcasting Union (ABU) di Nusa Dua Bali November 2008 lalu.

Program Green Radio tidak hanya menyangkut acara siaran tetapi juga memberi porsi lebih banyak pada isu-isu lingkungan termasuk juga penampilan fisik RRI yang lebih pro lingkungan.

Sementara itu, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail menyambut baik program green radio yang dicanangkan oleh RRI tersebut.

"Program tersebut sangat baik agar lingkungan kita mendapat perhatian yang lebih besar," katanya.

Nur Mahmudi juga mendukung pernyataan Parni Hadi bahwa RRI merupakan milik semua golongan. "Apapun warnanya RRI tetap radionya," ujarnya.(Ant/WAN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.