Langsung ke konten utama

121 Negara Hadiri Konferensi Kelautan Dunia di Manado

Sekretaris Panitia : Habiskan Dana Sekitar Rp 380 miliar.



Manado, Greenpress-Penyelenggaraan Konferensi Kelautan Dunia (WOC) dan Pertemuan segitiga terumbu karang (Coral Triangle Initiative/CTI) di Manado, Sulawesi Utara telah menghabiskan dana sekitar Rp 380 miliar. "Sebagian besar dana itu adalah untuk pembangunan infrastruktur, sedang biaya penyelenggaraan hanya sekitar Rp 41 miliar," kata Indroyono Soesilo, Sekretaris Panitia Nasional WOC kepada pers di Manado, Jumat (8/5
Menurut Indroyono, alokasi dana pembangunan infrastruktur itu sebenarnya adalah program rutin lintas departemen untuk mendukung WOC dan CTI Summit.
Ia memberi contoh, dana pembangunan Bandara Sam Ratulangi diambil dari PT Angkasa Pura dan Dephub, demikian juga pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya dari Departemen PU. "Sedangkan biaya penyelenggaraannya sendiri hanya Rp 41 miliar, dimana Rp 30 miliar dari Departemen Kelautan dan Perikanan dan Rp 11 miliar dari Pemda Sulut," ujarnya,seperti dikutif kompas.

Karena pemerintah membangun infrastruktur, maka pihak swasta tertarik untuk berinvestasi seperti membangun hotel dan sarana serta fasilitas untuk wisata MICE (meeting, incentive, conference, exhibition). "Jumlah investasi swasta di Sulut menjelang dan terkait penyelenggaraan WOC ini telah mencapai hampir Rp 1,5 triliun," ujarnya.

WOC dan CTI Summit akan digelar di Manado tanggal 11-15 Mei 2009 dengan pusat kegiatan di Grand Kawanua Convention Hall yang akan diikuti oleh para pakar perikanan, kelautan dan lingkungan dari 121 negara serta sejumlah kepala pemerintahan. (Andi.E.Effendy)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.