Langsung ke konten utama

Greenpeace Kirimi Yudhoyono Petisi Lindungi Hutan

Jakarta, Greenpress - Organisasi pencinta lingkungan, Greenpeace perwakilan Indonesia mengirim petisi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar mengeluarkan kebijakan untuk melindungi hutan dengan cara pelarangan penebangan hutan sementara.

Hal tersebut diungkapkan juru kampanye Greenpeace Asia Tenggara, Joko Arif saat menggelar aksi pembela hutan Indonesia di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Senin.

Petisi yang ditandatangani sekitar 60.000 pembela hutan Indonesia tersebut disampaikan ke SBY melalui Kepala Biro Persuratan Sekretariat Negara (Setneg), Sri Haryati.

Joko mengatakan petisi itu menyebutkan bahwa pemerintah harus secepatnya mengambil tindakan tegas untuk menyelamatkan hutan guna mengatasi perubahan iklim, melindungi keragaman hayati dan hak hidup masyarakat adat.

Joko menyebutkan luas kawasan hutan Indonesia 120,35 juta hektare atau setara dengan empat negara di Eropa, yakni Inggris, Jerman, Perancis dan Finlandia.

Namun demikian, tingkat kerusakan hutannya mencapai 1,8 juta hektare per tahun atau sebanding dengan lima kali luas Pulau Bali per tahunnya.

"Rata-rata kerusakan hutan di Indonesia mencapai lima kali luas lapangan sepakbola per menitnya," kata Joko seperti dilansir Antara.

Aksi penyampaian petisi lindungi hutan di Indonesia tersebut juga didukung artis ibukota seperti Teuku Zaky, Julie Estelle dan penyanyi dangdut Krisna Mukti.(Ant)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.