.

.
.

Bike to School, Gaya Hidup Sehat ke Sekolah



Hari masih pagi sekali,cuaca dingin menusuk hingga ke sum-sum tulang, namun Jejen (36) warga Jln Sukabumi Dalam telah berajak dari rumahnya dengan mengayuh sepeda tuanya untuk bergabung dengan ratusan penggiat sepeda dari berbagai komunitas telah memadati pelataran Taman Pramuka Bandung. Mereka sengaja berkumpul untuk berpartisipasi dalam kampanye mengurangi deman bumi yang dikemas dalam Gowes Anti Panas sekaligus peluncuran Bike to School.

Bagi mereka, bersepeda merupakan salah satu model transportasi yang efektif melawan pemanasan global dan mengurangi polusi udara. Kalangan siswa-siswa sekota Bandung tak mau ketinggalan dan memutuskan untuk memulai budaya Bike to School yang peluncurannya bertempat di Taman Pramuka Bandung (9/5).” Di sini kami ingin mengajak sebanyak mungkin teman-teman yaitu anak SMA se-Kota Bandung memutuskan untuk mengurangi polusi dengan menggunakan sepeda,” Ujar Chyndar Naya Putri sebagai salah satu siswa binaan program Be The Change di Bandung.

Kegiatan bersepeda keliling kota Bandung ini melibatkan 620 orang siswa SMA se-kota Bandung dan berbagai komunitas sepeda seperti Bike to Work dan Paguyuban Sapeda Baheula Bandung. Dengan rute keliling dari Taman Pramuka menuju Jln Aceh-Jln Merdeka-Jln Wastu Kencana-Ciamplas-Cipaganti-Setia Budi-Jln RM Martadinata dan finisnya balik ke Taman Pramuka lagi.

Kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Bike to Work dan Putri Indonesia 2009. “Kegiatan ini membahas pentingnya partisipai anak muda dalam aksi adaptasi perubahan iklim, perubahan gaya hidup terhadap pemakaian energy, komsumsi produk ramah lingkungan dari para generasi muda besar dampaknya akan sangat membantu mengurangi dampak perubahan iklim yang cukup besar,”ujar Syaiful Pemimpin Redaksi dari Majalah Lingkungan Greeners yang juga menjadi koordinator kegiatan.

Selain itu, acara launching Bike to School itu juga dimeriahkan dengan penampilan sejumlah bank seperti Efek Rumah Kaca, Bottle Smoker, Musik Elektrik, Echolight dan Phonenic Archie.

Acara tersebut terselenggara atas kerjasama Greeners dengan Oxfam.“ Kami berharap dengan adanya acara ini, akan muncul perubahan prilaku dari anak-anak sekolah untuk memilih sepeda sebagai transportasi ramah lingkungan,”tambahnya. ( Foto dan Naskah Marwan Azis).




Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: