.

.
.

Iwan Fals Dukung Aksi Greenpeace di Kampar


Ketgam : Iwan Fals dan Bandnya saat tampil dalam acara aksi sosial penyelamatan hutan gambut Semanjung Kampar Riau di Komunitas Salihara Jakarta (3/11). Foto: BeritaLingkungan/Marwan Azis.

Jakarta, BERLING-Iwan Fals dan bandnya mendukung aksi yang dilakukan Greenpeace dan Jaringan Kerja Lingkungan Hidup (JIKALAHARI) untuk penyelamatan hutan gambut di Semanjung Kampar-Riau.

Iwan Fals tampil dalam aksi sosial yang diadakan di ruang Teater Komunitas Salihara, Pasar Minggu Jakarta Selatan (3/11). Ia membawakan empat yang sarat dengan pesan lingkungan hidup antara lain “Robot Bernyawa", "Ini Bukan Mimpi", "Pohon Kehidupan" dan "Siram Tanam".

Iwan Fals memilih Organisasi Lingkungan Greenpeace sebagai temen seperjalanan. “Ini kerinduan saya," kata Iwan Fals di sela-sela bernyanyi. Iwan mengaku sudah lama memantau aktivitas Greenpeace sebelum organisasi lingkungan terbesar di dunia itu membuka cabang di Indonesia ia selalu terkesima dengan aksi-aksi yang dilakukan oleh anggota Greenpeace secara global yang terlihat begitu tulus dalam memperjuangkan idealismenya.

“Sebenarnya di Kantata ada lagu judulnya kalau nggak salah “for green and peace”, cuma itu pake bahasa Inggris, saya nggak bawakan disini karena saya nggak ngerti bahasa Inggris dan artinya pun saya nggak pernah tanyakan keteman-teman. Tapi saya percaya kalau kita lepas dari alam kita akan celaka,”tambahnya.

Menurut Iwan Fals lagu bercerita tentang hutan yang dipakai sebagai dalam video Greenpeace yang juga diputar dalam kesempatan tersebut dibuatnya tahun 1982, sementara lagu terakhir "Siram Tanam dibuat sekitar tiga tahun lalu, “Tapi persoalannya masih seperti dulu. Jadi ada semacam kemarahan dalam diri saya juga mengenai lingkungan, tapi kalau saya marah nanti jeroan saya rusak, ginjal dan segala macamnya,"ujarnya.

Beberapa tahun lalu Iwan Fals bekerja dengan pemerintah untuk menanam pohon. "Mungkin ada jutaan pohon yang sudah ditanam, tetapi saya tidak tahu apakah pohon itu sekarang tumbuh dengan sehat," katanya.

Seraya menitipkan harapan agar Greenpeace terus berjuang untuk pelestarian lingkungan“Okelah teman-teman selamat berjuang, menjalankan dan memperjuangkan apa yang menjadi keyakinan kita semua. Bahasa kasarnya saya minta tolonglah sama teman-teman yang punya keberanian dan punya nyali untuk membela kehidupan, apapun kehidupan itu harus berjalan dan Greenpeace memperjuangkan itu. Melawanlah terhadap ketidak adilan karena melawan itu adalah cahaya kehidupan,’tandasnya memberi semangat. (Marwan Azis).


Share on Google Plus

About Editor

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: