Langsung ke konten utama

Iwan Fals Dukung Aksi Greenpeace di Kampar


Ketgam : Iwan Fals dan Bandnya saat tampil dalam acara aksi sosial penyelamatan hutan gambut Semanjung Kampar Riau di Komunitas Salihara Jakarta (3/11). Foto: BeritaLingkungan/Marwan Azis.

Jakarta, BERLING-Iwan Fals dan bandnya mendukung aksi yang dilakukan Greenpeace dan Jaringan Kerja Lingkungan Hidup (JIKALAHARI) untuk penyelamatan hutan gambut di Semanjung Kampar-Riau.

Iwan Fals tampil dalam aksi sosial yang diadakan di ruang Teater Komunitas Salihara, Pasar Minggu Jakarta Selatan (3/11). Ia membawakan empat yang sarat dengan pesan lingkungan hidup antara lain “Robot Bernyawa", "Ini Bukan Mimpi", "Pohon Kehidupan" dan "Siram Tanam".

Iwan Fals memilih Organisasi Lingkungan Greenpeace sebagai temen seperjalanan. “Ini kerinduan saya," kata Iwan Fals di sela-sela bernyanyi. Iwan mengaku sudah lama memantau aktivitas Greenpeace sebelum organisasi lingkungan terbesar di dunia itu membuka cabang di Indonesia ia selalu terkesima dengan aksi-aksi yang dilakukan oleh anggota Greenpeace secara global yang terlihat begitu tulus dalam memperjuangkan idealismenya.

“Sebenarnya di Kantata ada lagu judulnya kalau nggak salah “for green and peace”, cuma itu pake bahasa Inggris, saya nggak bawakan disini karena saya nggak ngerti bahasa Inggris dan artinya pun saya nggak pernah tanyakan keteman-teman. Tapi saya percaya kalau kita lepas dari alam kita akan celaka,”tambahnya.

Menurut Iwan Fals lagu bercerita tentang hutan yang dipakai sebagai dalam video Greenpeace yang juga diputar dalam kesempatan tersebut dibuatnya tahun 1982, sementara lagu terakhir "Siram Tanam dibuat sekitar tiga tahun lalu, “Tapi persoalannya masih seperti dulu. Jadi ada semacam kemarahan dalam diri saya juga mengenai lingkungan, tapi kalau saya marah nanti jeroan saya rusak, ginjal dan segala macamnya,"ujarnya.

Beberapa tahun lalu Iwan Fals bekerja dengan pemerintah untuk menanam pohon. "Mungkin ada jutaan pohon yang sudah ditanam, tetapi saya tidak tahu apakah pohon itu sekarang tumbuh dengan sehat," katanya.

Seraya menitipkan harapan agar Greenpeace terus berjuang untuk pelestarian lingkungan“Okelah teman-teman selamat berjuang, menjalankan dan memperjuangkan apa yang menjadi keyakinan kita semua. Bahasa kasarnya saya minta tolonglah sama teman-teman yang punya keberanian dan punya nyali untuk membela kehidupan, apapun kehidupan itu harus berjalan dan Greenpeace memperjuangkan itu. Melawanlah terhadap ketidak adilan karena melawan itu adalah cahaya kehidupan,’tandasnya memberi semangat. (Marwan Azis).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.