Langsung ke konten utama

Monumen GWR dan Reff Block Ditanam di Perairan Sulut


Manado-Bukti kepedulian atas lingkungan hidup dan kebanggaan atas terciptanya 2 rekor dunia penyelaman di Laut Melalayang Provinsi Sulawesi Utara, TNI Angkatan Laut kemarin melakukan penanaman reef block yang juga dijadikan sebagai monumen Guninnes World of Record (GWR di perairan Melalayang.

Bersama dengan para penyelam Sulut yang tergabung dalam Indonesia Navy Diving Club (INDC) dan Politeknik Manado, ikut mensuport aksi yang dipimpin langsung oleh Danlantamal VIII Laksamana Pertama TNI Willem Rampangilei Minggu (29/11) kemarin.

“Mari Kita sama sama menjaga dan melestarikan alam laut kita. Penanaman reef block ini dilakukan untuk pelestarian karang dan coral. Selain itu, monument Guninnes World of Record (GWR),” kata Ramnpangilei didampingi Asintel Lantamal VIII Kolonel Mar Suhartono dan Jupiter Weku dari Miori Diving Club.

“Ini akan jadi kebanggaan dan akan selalu diingat, bahwa di Laut Malalayang adalah kawasan yang harus dilingdungi dan akan selalu dikenang karena menjadi tempat pemecahan 2 rekor dunia penyelaman,” tambah Terry Sawotong dari Dragonet Diving Club.(Gracey)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…