Langsung ke konten utama

Orangutan, Ikon Solusi Pemanasan Global


Jakarta, BERLING-Pelestarian Orangutan perlu mendapatkan perhatian semua pihak, karena satwa endemik Indonesia ini memiliki kontribusi besar dalam memperbaiki hutan, sehingga layak dijadikan ikon solusi pemanasan global.

Hal tersebut dikemukan Direktur Eksekutif Yayasan Orangutan Borneo (BOS), Aldrianto Priadjati usai lauching Persiapan Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu- Restorasi Ekosistem (IUPHHK-RE) untuk Pelepasan Kembali Orangutan di Gedung Manggala Wanabhakti Depertemen Kehutanan Jakarta Pusat kemarin.

Menurutnya, wacana menjadikan orangutan sebagai ikon solusi perubahan iklim pertama kali diungkapkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat pencanangan rencana aksi dan strategis konservasi orangutan tahun 2007-2017.

“Orang-orang melihat bahwa mencairnya lapisan es di kutub, dimana beruang kutub akan menjadi sengsara karena pemanasan global. Tetapi bapak presiden SBY waktu mengatakan bahwa orangutan lah yang menjadi solusinya,”katanya

Dalam Konferensi Perubahan Iklim (COP 15) di Konpehagen Denmark, Yayasan BOS lanjut Aldrianto berjuang mendorong dunia internasional untuk menjadikan orangutan sebagai ikon solusi perubahan iklim. “Ini yang ingin kita kawal dalam Konpehagen (COP 15) bahwa orangutan tetap menjadi solusi untuk pemanasan global, artinya disini paru-parunya ada di negara tropis, ada di Indonesia dan orangutan hanya bisa hidup di hutan yang baik,”tuturnya.

Menurutnya, orangutan bisa memperbaiki hutan dengan sifat alaminya sebagai pemecar buah dan bijinya. “Inilah yang ingin kita harapkan terus pemerintah untuk terus berupaya di tingkat internasional untuk mendengunkan hal ini,”tandasnya. (Marwan Azis).

Sumber : www.beritalingkungan.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…