Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Februari 22, 2009

Berita Foto : Deklarasi Politisi Busuk

Sebagai tanggung jawab mengawal terwujudnya Pemilu 2009 berkualitas, puluhan aktifis LSM dan Mahasiswa di Sultra mendeklarasikan anti politisi busuk beberapa waktu lalu. Tak hanya LSM lokal, LSM nasional seperti ICW dan Fitra Indonesia turut ambil bagian mendukung kampanye anti politisi busuk. Terdapat delapan kriteria politisi busuk diantaranya politisi yang terlibat korupsi, politisi yang terlibat dan mendukung kejahatan lingkungan hidup. foto: Yoshasrul

“Selamat Tinggal Bom Ikan”

By: Yos Hasrul
Bekerja sebagai nelayan pembom ikan membuat para nelayan terkadang harus diperhadapkan dengan berbagai resiko yang sangat mengerikan. Tidak hanya cacat. Bahkan resiko yang paling terburuk para nelayan yang menekuni kegiatan dengan menggunakan bahan peledak ini terkadang harus kehilangan nyawa bila bahan peledak yang mereka gunakan tiba-tiba meledak didalam genggaman.

Inilah yang dialami Sabang (35 tahun) seorang nelayan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara harus rela kehilangan salah satu lengannya setelah bahan peledak yang digunakannya meledak ditangannya.

Kisah pedih itu benar-benar masih diingatnya. Kegiatan berkategori ilegal fishing itu dilakoninya sejak masih berusia 20 tahun. Karena trauma Sabang pun meninggalkan kegiatan yang ditekuninya selama bertahun -tahun itu dan kini beralih menekuni kegiatan budidaya ikan dan lobster melalui keramba.

Berjarak hanya sekitar 200 meter dari desanya tinggal Sabang membangun sebuah karamba ya…

Pengerukan Pasir Sungai Pohara Kabupaten Konawe

Tampak pada gambar, bantaran sungai setiap harinya terkikis, akibat ulah perusahaan penambang pasir yang menggunakan mesin pompa air. Mesin tersebut sangatlah mempengaruhi bantaran sungai. foto: yoshasrul

Konawe, Greenpress-Aktifitas penambangan pasir ilegal di sungai pohara oleh warga setempat telah menyebabkan terjadinya degradasi lingkungan yang luar biasa. Sungai yang kian dalam menyebabkan badan tanah disepanjang sungai mengalami erosi yang hebat.

Warga yang bermukim di pinggiran Sungai Pohara, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pun terancam bencana. Satu rumah masyarakat bahkan telah ambruk dan terbawah arus. Tubir sungai kian jauh masuk ke lahan pemukiman masyarakat. "Dalam tiga bulan tanah ini telah ambrol sejauh lima belas meter,"kata Dareman warga Desa Pohara, Kecamatan Sampara.


“Dengan adanya penambangan pasir yang menggunakan Pompa Pengisap Pasir di Ke 3 desa ini yaitu, desa Polua, Desa Amoare, Desa Andadowi, Kabupaten Konawe membawa dampak yang besar. Seperti yang…

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Genta, Gelar Pelayanan Kesehatan di Cililin Bandung

Cililin-Bandung,Greenpress- Setelah dua rangkaian kegiatan di Pandeglang dan Cakung-Jakarta Timur beberapa waktu yang lalu, hari ini, Sabtu (21/2), Organisasi Genta (Gerakan Nasional Tanah Air) menutup rangkaian program Pembangunan 3 Desa di Pesantren Arafah, Cililin, Bandung Barat.

Dalam kegiatan kali ini, Genta memfokuskan kegiatan pada program posyandu dengan melakukan training untuk para kader Posyandu, pemeriksaan golongan darah untuk anak sekolah, penyuluhan kesehatan gigi, serta case finding, selection dan pendampingan untuk pasien katarak ke dan dari tindakan operasi.

Sedangkan operasi katarak terhadap para pasien yang ditemukan oleh tim dokter Genta akan dilakukan oleh RS Mata Cicendo pada hari Minggu, 22 Februari di Puskesmas DTP Cililin- Bandung Barat

Dalam rangkaian kegiatan di Cililin ini, Genta didukung oleh relawan yang terdiri dari 7 dokter, 15 sarjana psikologi, dan 15 relawan lainnya dari berbagai kalangan.

Metode pelatihan yang dihadirkan bukan hanya secara teknis, teta…