Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 16, 2009

Hari Hening Sedunia Bisa Selamatkan Planet

Denpasar, Greenpress- Peringatan rutin Hari Hening Sedunia diyakini berbagai kelompok pencinta lingkungan bisa menyelamatkan kelestarian Planet Bumi, diantaranya mereduksi pengeluaran gas karbon hingga 20.000 ton pada saat itu saja.


Menurut Herni F Hastuti, Koordinator Aksi dari Pusat Pendidikan Lingkungan Bali, saat melakukan aksi damai di Kawasan Puputan, Denpasar, Senin, aksi imbauan kepada umum tentang Hari Hening Sedunia itu telah dilakukan dua kali di Indonesia.

"Tanggalnya adalah 21 Maret nanti, hanya empat jam saja kita hening dan menghentikan aktivitas yang memicu pencemaran lingkungan, yaitu antara pukul 10.00 dan 14.00. Selebihnya silakan beraktivitas lagi," katanya.

Alasan pemilihan tanggal yang telah diutarakan secara umum di tingkat global itu, katanya, terkait dengan inklinasi matahari terhadap bumi, saat titik kulminasi matahari berada persis 90 derajat terhadap sumbu vertikal pada pukul 12.00 di garis ekuator.

Dalam kampanye damai itu, belasan orang anggota kelo…

Perubahan Iklim Munculkan Penyakit Tanaman Baru

Bengkulu, Greenpress- Perubahan iklim telah memunculkan penyakit baru pada tanaman Kakao di Pulau Enggano yang disebut petani dengan `hitam buah`, kata Koordinator Program Yayasan Kanopi Supintri Yohar, yang melakukan pendokumentasian perubahan iklim di pulau terluar itu belum lama ini.


"Karena menurut pengakuan masyarakat penyakit ini belum pernah muncul sama sekali dan terori yang ada juga menyebutkan bahwa dampak perubahan iklim salah satunya memunculkan penyakit baru baik bagi tanaman maupun manusia," katanya seperti dilansir Antara.

Dari hasil dokumentasi Yayasan Kanopi tanaman Kakao petani di Pulau Enggano mulai terserang `hitam buah` dalam satu bulan terakhir.

Menurut petani setempat, kata dia, penyakit ini muncul setelah daerah tersebut dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

"Belum bisa dipastikan apakah penyakit ini muncul akibat curah hujan yang terlalu tinggi karena yang pasti petani di sana mengaku baru kali ini menemui penyakit seperti ini," katanya.

Penya…

Greepeace Serukan Pilih Partai Politik Pro Lingkungan

Photo : Greenpeace Indonesia.
Jakarta , Greenpress-Greenpeace meluncurkan kampanye “Pilih hutan untuk masa depan’yang menyerukan para masyarakat pemilih Indonesia untuk memilih partai yang pro dengan pelestarian lingkungan hidup.

Kegiatan yang berlangsung dilapangan Banten itu diikuti oleh para politisi, selebritis, aktivitis LSM dan para pendukung dalam acara peluncuran di Lapangan Banteng, Jakarta (14/3).

Bagi Greenpeace, pesta demokrasi yang akan berlangsung April 2009 merupakan momentum untuk memperbaiki lingkungan, dengan cara memilih partai politik yang berkomitmen untuk melindungi hutan Indonesia dari ancaman penyusutan yang juga berdampak pada hilangnya keanekaragaman hayati.

Mengingat luasan tutupan hutan Indonesia luasanya lebih dari 120 juta hektar, atau sekitar 10% dari tutupan hutan dunia merupakan paru-paru dunia. Selain itu hutan Indonesia merupakan benteng terakhir bagi habitat keanekaragaman hayati yang kritis, dan sangat penting bagi kehidupan masyarakat yang hidup d…