Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 26, 2009

BMKG: Waspadai Musim Pancaroba

BERLING--, BMKG membenarkan bahwa saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang mengalami musim pancaroba. Musim ini merupakan fase peralihan, menandai berakhirnya musim kering, menuju musim basah, demikian sebaliknya. Gejala ikutan, berupa terjadinya angin puting beliung, merupakan dampak yang mesti diwaspadai masyarakat.

Perubahan musim ini (baca: pancaroba) terjadi dalam satu hingga empat minggu, diakibatkan oleh uap air yang naik. Namun kondisinya belum terlalu melimpah. Lalu, akibat adanya daya dorong dari atas, ditambah proses kondensasi, menimbulkan terciptanya butiran es dalam jumlah besar. Setelah itu, akan terbentuk petir, kilat dalam jumlah banyak. Di kawasan tropis, hujan es tersebut akan bertabrakan dengan molekul udara.

“Itu sebabnya mengapa hujan yang turun saat pancaroba, selalu lebih dingin di banding waktu-waktu biasanya. Bahkan kadang-kadang masih dalam butiran es”, ungkap Drs.Soetamto MSi, Ka bid. Bidang Perubahan iklim BMKG di Jakarta (26/10).

Selain itu, dampak i…

ACT Bantu Hunian Nyaman

Ketgam : Puing-puing bangunan rumah yang roboh akibat guncangan gempa di Kabupaten Padang Pariaman: Foto BeritaLingkungan/ Marwan Azis

Padang, BERLING-Belum satu bulan berlalu sejak gempa mengguncang tanah Sumatera Barat, ACT Foundation atau yang juga dikenal dengan nama Aksi Cepat Tanggap, meresmikan Integrated Community Shelter (ICS) atau Hunian Nyaman Terpadu yang didisain dan didirikan khusus untuk korban gempa Sumatera Barat.

Peresmian dilaksanakan oleh Bupati Kabupaten Pariaman, Muslim Kasim, SE, Akt, dan turut pula dihadiri oleh Wali Korong Sungai Sariak H. Ismail. Peresmian ini menyusul penyerahan kunci Shelter kepada ratusan kepala keluarga yang akan menghuni Shelter, yang telah dilaksanakan pada Kamis (22/10) sebelumnya.

Bertempat di Sungai Sariak, Padang Pariaman, ICS memiliki 120 unit hunian untuk 120 Kepala Keluarga. Dilengkapi dengan Sekolah, Masjid, unit MCK mandi, cuci, dan kakus yang terpisah-pisah masing-masing 20 unit, area bermain anak-anak, area olah raga, Dapur Umum…

Ambruknya Nagari Kami

Ketgam : Menatap Kampung yang hilang di Nagari Padang Alai Kabupaten Padang Pariaman, foto : Beritalingkungan/Marwan Azis

Suatu siang terik di Padang Alai, sejumlah warga terlihat lalulalang meskipun harus bermandikan debu jalanan, sebagian lagi memilih duduk di depan rumah yang tinggal puing-puing akibat gempa yang melululantakan Sumatera Barat, sementara sebagian lagi berteduh dibawa tenda berwarna biru yang kini menjadi rumah darurat bagi korban gempa.

Sesekali mereka mengarut kepala sambil memandangi rumahnya yang telah ambruk akibat gempa berkekuatan 7,9 skala ricther (SR). Tak terbayangkan bagi Safrisal dan ratusan warga padang Alai lainnya yang saat itu tengah menikmati istrihat sore hari, tiba-tiba Ranah Minang berguncang dengan kekuatan yang sangat dahsyat, dan ratusan bangunan rumah ambruk seketika.

Saking keras goncangan itu, hingga membuat satu areal pemukiman Kenagarian Padang Alai Kabupaten Padang Pariaman tertimbun oleh tanah longsor yang cukup dalam. Goncangan gempa melul…

Empat Blogger Amerika Berbagi Pengalaman

Ketgam: Arsalan Iktikhar, blogger muslim Amerika yang terkenal saat menyapa melalui video chat peserta Pesta Blogger Indonesia 2009 yang hadir di Gedung SMESCO Jakarta Selatan (24/10). Foto:BeritaLingkungan/Marwan Azis.

Jakarta, BERLING-Empat blogger Amerika termasuk Arsalan Iktikhar, blogger muslim Amerika yang terkenal dan Mark Fraunfelder, pendiri blog teknologi terkenal juga berpartisipasi di di Pesta Blogger 2009 yang bertempat di Gedung SMESCO Jakarta Selatan (24/10). Mereka berbagi pengalaman seputar dunia blog berdasarkan profesi masing-masing. Siapa mereka?

Brian Ginesen merupakan praktisi yang cukup terpadang dan berpengalaman di bidang social media yang menyempatkan hadir langsung dan terlibat dalam diskusi mengenai “Blogpreneur” atau pengguna blog yang mendukung kewirausahaan yang menjadi salah satu topik yang banyak diminati blogger Indonesia yang hadir dalam Pesta Blogger kali ini.

Ia juga dikenal sebagai Digital influence spesialist dengan pengalaman lebih dari 50 tahun be…

Kedubes AS Dukung Kebebasan Berekspresi di Dunia Blog

Ketgam : Prita Mulyasari (tengah), perempuan yang sempat dipenjara karena keluhanya menyebar diinternet juga hadir pada salah sesi diskusi di Pesta Blogger 2009 yang bertema mengenai etika dan impikasi hukum di ranah maya. Foto : BeritaLingkungan/Marwan Azis

Jakarta, BERLING- Selama dua tahun berturut-turut, Kedubes Amerika Serikat mensponsori Pesta Blogger 2009, ajang temu nasional blogger Indonesia. Empat blogger Amerika termasuk Arsalan Iktikhar, blogger muslim Amerika yang terkenal dan Mark Fraunfelder, pendiri blog teknologi terkenal juga berpartisipasi di acara ini.

Duka Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Cameron R.Hume menyatakan, pihak Kedubes AS bangga mendukung dan menjadi sponspor Pesta Blogger untuk kedua kalinya. “Kebebasan berpendapat adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem demokrasi berkesinambungan. Indonesia memiliki demokrasi yang kuat dan dinamis, dan perkembanganya pesat komunitas blogger mengindikasikan hal tersebut,” kata Hume yang juga telah menulis b…

Pesta Blogger 2009 Usung Spirit Kebangsaan

Ketgam : Suasana Pesta Blogger 2009 yang berlangsung di Jakarta (24/10). Foto : Beritalingkungan/Marwan Azis

Jakarta, BERLING- Seribu dua ratus blogger diperkirakan hadir dalam perhelatan Pesta Blogger 2009 yang berkumpul di Gedung SMESCO Gatot Subroto Jakarta Selatan. Data tersebut diperoleh dari panitia berdasarkan registarasi online yang ditutup Kamis sore (23/10) plus undangan.

Pesta blogger sendiri merupakan ajang temu nasional blogger terbesar di Indonesia yang diadakan setiap tahun, sejak 2007 lalu. Acara pesta blogger 2009 mengusung tema” One Spirit One Nation” atau Satu Semangat Satu Bangsa” ini dibuka pada pukul 10.15 WIB (24/10) dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya para blogger yang hadir disugguhi sebuah tayangan video yang menggambarkan persatuan dalam keberagaman.

“Ini untuk mengingat kita dan para bloggers, khususnya untuk tetap bersatu sebagai bangsa terlepas dari perbedaan yang kita miliki,”kata Iman Brotoseno, Ketua Panitia Pesta Blogger 2009.”Blog dan so…