Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November 10, 2009

Obama Dinobatkan Sebagai Pemimpin Gagal

Foto : greenzer.com

Jakarta, BERLING- Greenpeace menobatkan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama sebagai pemimpin negara yang dianggap paling gagal dalam menyediakan kepemimpinan yang diperlukan untuk memastikan tercapainya perjanjian yang adil, ambisius dan mengikat.

Penobatan itu dilansir dalam sebuah buku berjudul"Panduan Politik Iklim” yang diluncurkan Greenpeace dalam pertemuan iklim PBB di Barcelona pekan lalu,

Hal tersebut disampaikan Media Campaigner Geenpeace, Arie Rostika Utami, lewat siaran persnya yang diterima BeritaLingkungan.com. Detail buku panduan politik iklim tersebut bisa diakses di situs resmi Greenpeace http://www.greenpeace.org/climate-politics-guide.

Dalam panduan ini juga terdapat rincian posisi para pemimpin negara termasuk Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang kemungkinan akan mewujudkan atau justru menggagalkan perjanjian iklim di Kopenhagen Desember mendatang.

Posisi mereka di analisa dari aspek penurunan emisi, mekanisme finansial, p…

Hutan Papua Terancam Perluasan Sawit

Ketgam : Perluasan perkebunan sawit mengancam kelestarian hutan Papua : Foto : Greenpeace

Jakarta, BERLING - Rencana perluasan perkebunan di Papua harus segera dihentikan dan ditinjau ulang menyusul banyaknya keprihatinan atas deforestasi besar-besaran dan eksploitasi masyarakat lokal, demikian diperingatkan para pegiat lingkungan hari ini.

Sebuah laporan baru yang dirilis oleh Telapak dan Environmental Investigation Agency (EIA) - berjudul "Up for Grabs" - memperlihatkan bagaimana lima juta hektar lahan, sebagian besar hutan, sedang menjadi sasaran banyak perusahaan yang mengejar keuntungan dari tingginya permintaan akan biofuel yang berasal dari tanaman seperti kelapa sawit dan komoditas lainnya. Perampasan tanah ini memprovokasi terjadinya konflik dengan masyarakat lokal dan mengancam wilayah hutan tropis terbesar ketiga yang tersisa di Bumi.

Penyelidikan lapangan yang dilakukan oleh Telapak/EIA di tujuh lokasi di Propinsi Papua dan Propinsi Papua Barat selama tahun 2009 men…