Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember 17, 2009

TN Bogani Nani Wartabone Terancam Dialih Fungsikan

Panorama sungai Bone yang membentang sepanjang Taman Nasional Bogani Nani Wartabone, Foto : Marwan Azis.

Jakarta, Greenpress-Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TN BNW) terancam aktivitas pertambangan, rencana perubahan alih fungsi kawasan taman nasional untuk kepentingan pertambangan menuai protes dari sejumlah kalangan.

Di Gorontalo sendiri sudah muncul gerakan penolakan yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Tolak Alih Fungsi Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TN BNW), Gorontalo. Sementara di Jakarta, ada JATAM (Jaringan Advokasi Tambang) yang menolak rencana tersebut.

Luluk Uliyah, aktivis JATAM dalam siaran persnya mengatakan, rencana Gubernur Gorontalo itu berlawanan dengan semangat dan upaya pemerintah pusat dalam menjaga hutan sebagai bagian dari strategi mengurangi dampak perubahan iklim. “Ini menunjukkan tidak sinkronnya komitmen dan pelaksanaannya baik antar pemerintah pusat maupun daerah,”ujarnya.

JATAM telah melayangkan surat kepada Gubernur Gorontalo, Ir Gusnar Ismail,…

Klimaforum Copenhagen Terus Galang Dukungan

Foto : Greenpeace.

Jakarta, Greenpress-Perundingan COP 15 UNFCCC memasuki detik-detik terakhir, masyarakat sipil mengkhawatirkan COP 15 jauh dari harapan menyelamatkan manisia dari ancaman dampak perubahan iklim. Klimaforum pun mengalang dukungan masyarakat sipil untuk menekan para pemimpin dunia.

Ratusan organisasi masyarakat sipil menggelar Forum tandingan sejak COP dimulai dalam Klimaforum. Perwakilan sekitar 67 negara datang ke Foum ini. Salah satu yang mereka hasilkan adalah Deklarasi Klimaforum 2009: "Kami Butuh Perubahan Sistem Bukan Perubahan Iklim".

Mereka terus menggalang dukungan dari masyarakatn sipil untuk mendesak para pemimpin dunia melahirkan komitmen bersama dalam penurunan emisi global dan langkah mendesak dalam mengurangi dampak perubahan iklim.

"Kami membutuhkan dukungan anda menjadi penandatangan deklarasi Klimaforum, cantumkan dukungan anda di http://spreadsheets.google.com/viewform?hl=da&formkey=dHdJS0dWM2ZoUE1zM0xVM3BRXzlQU0E6MA,"demikia…

PNPM Lebarkan Sayapnya ke Isu Lingkungan

Makassar, Greenpress-Program Nasional Pengembangan Masyarakat (PNPM) melebarkan sayapnya pada isu lingkungan. Sejumlah langkah nyata dalam pengelolaan lingkungan di Sulawesi Selatan telah dilakukan.

Dalam implementasinya, kegiatan PNPM diintegrasikan komponen lingkungan hidup dan pelestarian sumber daya alam."PNPM LMP menitikberatkan kegiatan pada perbaikan dan pengelolaan lingkungan serta sumber daya alam secara lestari," ujar Manajer Program PNPM LMP Sulsel, Wahyudin AB Kessa, di Makassar.

Tujuan utama terbentuknya PNPM LMP adalah meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan perdesaan melalui pengelolaan lingkungan dan sumber daya alam secara lestari.

Kegiatan PNPM LMP didanai oleh Canadian International Development Agency (CIDA) berdasarkan Grant Agreement antara Bank Dunia dengan Pemerintah Indonesia Cq Departemen Keuangan RI, tertanggal 2 Maret 2007, nomo…