Langsung ke konten utama

Aktivis Greenpeace Protes di Kantor Nestle


Aktivis Greenpeace melakukan aksi protes di kantor Nestle, Foto : Greenpeace.

Greenpeace selain merilis laporan tentang keterkaitan Nestle dengan perusahan perusak hutan dan lahan gambut di Indonesia. Para aktivis Greenpeace juga melakukan aksi protes dilakukan di seantero Eropa.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Greenpeace mengabarkan, sekitar 100 aktivis Greenpeace kemarin melakukan aksi dengan mengenakan kostum orangutan, datang ke kantor Nestle di Inggris, Jerman dan Belanda.

Mereka meminta pegawai Nestle untuk mendesak perusahaan berhenti menggunakan minyak kelapa sawit yang berasal dari perusakan hutan. Greenpeace juga merilis video parodi dari Kitkat, dan Nestle telah mendesak YouTube untuk menghapus video itu. Tetapi orang-orang terus mengirim ulang video itu ke YouTube.

“Dalam pernyataan tanggapannya, Nestle telah mengakui menggunakan minyak kelapa sawit dari penyebab kerusakan hutan di Indonesia. Tetapi upaya untuk menghapus video kita menjadi bukti bahwa Nestle masih menyembunyikan fakta,” tegas Bustar Maitar, Team Leader Kampanye Hutan Greenpeace Asia Tenggara.

Menurut Bustar, Nestle, salah satu perusahaan makanan-minuman terbesar dunia dan termasuk konsumen besar minyak kelapa sawit. "Tiga tahun terakhir penggunaan minyak kelapa sawit mereka hampir dua kali lipat, dengan 320.000 ton minyak kelapa sawit digunakan untuk berbagai produk, termasuk Kitkat,"ungkap Bustar. (Marwan).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Menikmati Harmoni Alam Rawa Aopa Watumohai

Menikmati perjalanan  dibawah guyuran hujan lebat menjadi sensasi tersendiri saat menjelajahi  Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai ( TNRAW) Sulawesi Tenggara. Butiran-butiran hujan berjatuhan  membentuk harmoni alam.