Langsung ke konten utama

Nestlé Terkait Perusakan Hutan


Foto : Google.com

Jakarta, Greenpress- Nestle, perusahaan multinasional yang berpusat di Vevey, Swiss yang bergerak dalam bidang pembuatan makanan termasuk pembuatan cokelat yang cukup terkenal Kitkat ditenggerai terkait perusahaan hutan dan lahan gambut di Indonesia.

Laporan terbaru Greenpeace yang diterima BeritaLingkungan.com (18/3) menunjukkan Nestle menggunakan minyak kelapa sawit yang berasal dari perusakan hutan dan lahan gambut Indonesia dalam produk seperti Kitkat, yang juga menggiring orangutan yang sudah terancam menuju kepunahan dan memperparah perubahan iklim.

Laporan Greenpeace berjudul “Caught Red-Handed (Tertangkap Basah)” menunjukkan bagaimana Nestle mendapat pasokan minyak kelapa sawit dari suplier, termasuk produsen terbesar dan paling merusak – Sinar Mas Group. Sebagai produsen terbesar Indonesia, Sinar Mas terus melakukan ekspansi pada lahan gambut dan hutan alam, termasuk habitat orangutan. Sinar Mas juga pemilik Asia Pulp and Paper (APP), perusahaan pulp and paper terbesar Indonesia.

Laporan ini diluncurkan menyusul beberapa upaya sebelumnya untuk membujuk Nestle membatalkan kontrak dengan Sinar Mas. Terakhir, pada Desember, Greenpeace mengirim surat ke Nestle beserta bukti Sinar Mas melanggar hukum Indonesia dan mengabaikan komitmen mereka sebagai anggota Organisasi Minyak Sawit Berkelanjutan (Round Table on Sustainable Palm Oil – RSPO), badan yang didirikan untuk membuat industri sawit berkelanjutan. Bukti menunjukkan bahwa perusakan hutan oleh Sinar Mas terus terjadi.

Menurut Bustar Maitar, Juru Kampanye Hutan Greenpeace Asia Tenggara, Sinar Mas tidak hanya bertanggung jawab terhadap terus berlangsungnya perusakan terhadap keanekaragaman hayati Indonesia, tetapi ekspansi besar-besaran perkebunan mereka juga mengancam kehidupan jutaan masyarakat yang hidupnya tergantung pada hutan.

“Perusahaan besar lainnya telah melakukan sesuatu terhadap hal ini, tetapi Nestle terus menutup mata terhadap perilaku buruk pemasoknya, ini saatnya Nestle membatalkan kontrak dengan Sinar Mas dan mendukung penghentian perusakan hutan dan lahan gambut,”ujar Bustar. (Marwan).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.