Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Januari 24, 2010

Membangun Kesadaran Lingkungan Lewat Multimedia

Ada banyak cara yang bisa dilakukan individu, kelompok yang peduli dengan lingkungan untuk mengaungkan pentingnya pelestarian lingkungan saat ini dan akan datang, salah satunya dengan memafaatkan piranti multimedia seperti blog dan situs jaringan social lainnya.

Hal tersebut disampaikan sejumlah narasumber yang hadir dalam bincang-bincang bertema “Gejolak, Ekspresi, Media dan Kita Terhubung, Kita Peduli,” Mereka adalah Away (Blogger dan Pengelola Situs satudunia.net), Julian Sihombing (Fotografer Kompas), Meiske Taurisia, Produser Babibufilm) dan Michelin Hidayat (Produser Musik) yang dipandu oleh Malika dari Green Radio bertempat di Goetha Haus (23/1).

Dalam pandangan Away, website saat ini tak lebih sebuah etalase yang menampilkan berbagai produk media seperti foto, tulisan dan video.”Kita kita bisa mempublis satu konten yang secara bersamaan dan langsung tersalur ke sejumlah situs, blog, facebook, twiter dan situs jaringan sosial lainnya,”jelas Away.

Menurutnya, pola perilaku anak mu…

Ketika HPH Melestarikan Orangutan

Perusahaan HPH selama ini selalu dindentifkan dengan aktivitas penebangan pohon, tak pelak perusahaan HPH dimata penggiat lingkungan dituding sebagai biang perusakan hutan. Namun anggapan itu tidak berlaku bagi PT RHOI yang juga bergerak di bidang HPH. Lalu apa yang membedakan dengan HPH lainnya?.

Greenomics pada tahun 2008 pernah melansir sebuah laporan yang bersumber dari Lembaga Penilai Independen (LPI) Departemen Kehutanan selama periode 2005- 2007 menyebutkan, sebanyak 61,54% pemegang izin HPH (Hak Pengusahaan Hutan) yang beroperasi di Pulau Kalimantan dikategorikan berkinerja buruk dan sangat buruk dalam pemanfaatan kayu secara lestari di areal konsesinya.

Rilis tersebut sempat memerahkan telinga para pengusaha HPH, tapi itulah sepenggal cerita potret buram kinerja HPH dalam pengelolaan dan pemanfaatan hutan yang lebih berorentasi keuntungan semata, akibatnya luas hutan Indonesia kian menyusup dari tahun ketahun. Menjamurnya perkebunan sawit kelas dunia di Indonesia kian me…

B2W, Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Membiasakan diri menggunakan sepeda ke kantor atau ke pasar bisa menjadi salah satu pilihan mengatasi kemacetan lalu lintas Kota Jakarta. Yang lebih penting lagi aktivitas bersepeda sangat bermanfaat bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

Bike to Work (berB2W) merupakan pilihan sekaligus kebutuhan bagi mereka yang menggemari sepeda sebagai alat olah raga dan rekreasi, tapi juga ingin memanfaatkan untuk alat transportasi alternatif sehari-hari.

Menurut sejumlah pengiat Komunitas Bike to Work (Komunitas Pekerja Bersepeda Indonesia), dengan berB2W, ada nilai plus yang bisa diperoleh dan sumbangkan secara langsung pada kelestarian lingkungan. Diantaranya kesehatan diri, penghematan finansial dan Bahan Bakar Minyak (BBM), pengurangan polusi, hingga mengurangi stres di jalan akibat kemacetan, dan lain-lain.

Kesadaran menggunakan kendaraan ramah lingkungan melalui sepeda bagi anggota Komunitas Bike to Work Jakarta, muncul sekitar tahun 2005 lalu. Mereka menilai lingkungan udara kota Jakarta, maki…