Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 19, 2010

Nestle Berencana Hentikan Kontrak Sinar Mas

Kantor Pusat Nestle di Vevey, Switzerland, Foto : msnbc.com

Jakarta, Greenpress-Setelah perusahaan Nestle menuai protes besar-besar dari aktivis Greenpeace di Eropa, akhirnya Nestle kemarin mengeluarkan tanggapan atas aksi Greenpeace, bahwa mereka akan menghentikan kontrak langsung dengan Sinar Mas.

Hal tersebut disampaikan Bustar Maitar, Juru Kampanye Hutan Greenpeace Asia Tenggara siaran persnya yang diterima BeritaLingkungan.com. “Meski memutus kontrak dengan Sinar Mas, tetapi masih akan tetap menggunakan minyak kelapa sawit Sinar Mas yang didapat dari suplier lain,”kata Bustar.

Greenpeace selain meliris laporan tentang keterlibatan Nestle dengan perusahaan yang dituding melakukan perusakan hutan dan lahan gambut di Indonesia. Greenpeace juga meluncurkan video mengenai betapa Kitkat terkait dengan kelangsungan orangutan. Video berjudul “Have a Break” ini bisa dilihat di http://www.greenpeace.org/kitkat. "Kampanye Greenpeace ini akan dihentikan jika Nestle telah tidak lagi menggun…

Aktivis Greenpeace Protes di Kantor Nestle

Aktivis Greenpeace melakukan aksi protes di kantor Nestle, Foto : Greenpeace.

Greenpeace selain merilis laporan tentang keterkaitan Nestle dengan perusahan perusak hutan dan lahan gambut di Indonesia. Para aktivis Greenpeace juga melakukan aksi protes dilakukan di seantero Eropa.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Greenpeace mengabarkan, sekitar 100 aktivis Greenpeace kemarin melakukan aksi dengan mengenakan kostum orangutan, datang ke kantor Nestle di Inggris, Jerman dan Belanda.

Mereka meminta pegawai Nestle untuk mendesak perusahaan berhenti menggunakan minyak kelapa sawit yang berasal dari perusakan hutan. Greenpeace juga merilis video parodi dari Kitkat, dan Nestle telah mendesak YouTube untuk menghapus video itu. Tetapi orang-orang terus mengirim ulang video itu ke YouTube.

“Dalam pernyataan tanggapannya, Nestle telah mengakui menggunakan minyak kelapa sawit dari penyebab kerusakan hutan di Indonesia. Tetapi upaya untuk menghapus video kita menjadi bukti bahwa Nestle masih menye…

Nestlé Terkait Perusakan Hutan

Foto : Google.com

Jakarta, Greenpress- Nestle, perusahaan multinasional yang berpusat di Vevey, Swiss yang bergerak dalam bidang pembuatan makanan termasuk pembuatan cokelat yang cukup terkenal Kitkat ditenggerai terkait perusahaan hutan dan lahan gambut di Indonesia.

Laporan terbaru Greenpeace yang diterima BeritaLingkungan.com (18/3) menunjukkan Nestle menggunakan minyak kelapa sawit yang berasal dari perusakan hutan dan lahan gambut Indonesia dalam produk seperti Kitkat, yang juga menggiring orangutan yang sudah terancam menuju kepunahan dan memperparah perubahan iklim.

Laporan Greenpeace berjudul “Caught Red-Handed (Tertangkap Basah)” menunjukkan bagaimana Nestle mendapat pasokan minyak kelapa sawit dari suplier, termasuk produsen terbesar dan paling merusak – Sinar Mas Group. Sebagai produsen terbesar Indonesia, Sinar Mas terus melakukan ekspansi pada lahan gambut dan hutan alam, termasuk habitat orangutan. Sinar Mas juga pemilik Asia Pulp and Paper (APP), perusahaan pulp and paper …