Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober 14, 2010

RI Diminta Implementasikan Moratorium

JAKARTA,Greenpress,Greenpeace bersama dengan koalisi lembaga swadaya masyarakat lainnya menyerukan kepada Pemerintah Indonesia dan Norwegia untuk menutup celah yang ada dalam kesepakatan senilai satu miliar dollar Amerika.

Mereka meminta pemerintah Indonesia segera mengimpletasikan moratorium (penghentian sementara) konversi di seluruh hutan alam baik izin baru maupun izin yang telah ada.

Rincian kesepakatan US $ 1 miliar itu sedang dinegosiasikan setelah nota kesepakatan (LoI) ditandatangani pada bulan Mei tahun ini oleh Pemerintah Norwegia dan Indonesia. Sebagai bagian dari perjanjian tersebut, Indonesia mengumumkan dua tahun moratorium konversi di setiap konsesi baru pada hutan alam dan lahan gambut.

"Bukan hanya apa yang Anda lakukan, tetapi juga apa yang tidak Anda lakukan, yang harus Anda pertanggungjawabkan. Pemerintah Indonesia harus menjamin perlindungan bagi semua lahan gambut, hutan tropis, keanekaragaman hayati dan keberlangsungan hidup masyarakat adat. Masalahnya ada pa…

Puluhan Wartawan Makassar Diajari Reportase Lingkungan

Makassar, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar bekerjasama dengan kelompok Jurnalis Lingkungan yang tergabung dalam SIEJ (Society of Indonesian Environmental Journalists) menggelar pelatihan jurnalistik di Kota Makassar.

Pembawa materi pertama Harry Sutadji mengatakan pelatihan wartawan yang berlangsung dari Tanggal 14-17 Oktober ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan kepada wartawaan mengenai perubahan iklim dan laut/pesisir.

Menurut dia pada pelatihan jurnalis ini diharapkan para wartawan mampu menjadi sarana berbagi pandangan mengenai jurnalisme lingkungan, baik konsep maupun praktek.

Kemudian muncul beberapa hal masalah utama reportase lingkungan. Mulai dari posisi jurnalis yang hanya memaparkan fakta dengan prosedur kerja jurnalistik saja atau harus terus mengadvokasinya. Kemudian masalah pengetahuan, narasumber serta strategi agar dapat ruang di halaman media, katanya.

Peserta dari pelatihan ini diikuti sejumlah wartawan dari berbagai media yang ada di Makkassar. (…