Maluku Tenggara di Guncang Gempa 6.1 SR


Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Maluku Tenggara, Rabu sekitar pukul 17.45 WIB. Data dari BMKG menyebutkan bahwa lokasi gempa berada pada lokasi 5,21 Lintang Selatan dan 133,58 Bujur Timur atau 98 kilometer arah timur laut Kabupaten Maluku Tenggara dengan kedalaman 14 km di bawah permukaan laut.  


Bedasarkan pengamatan, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Kendati demikian warga diharap tetap waspada dan mengikuti setiap arahan yang diberikan oleh pemerintah. Saat ini warga telah beraktivitas seperti biasanya.

Wilayah Maluku Tenggara maupun Kota Tual dan Saumlaki (Maluku Tenggara Barat) termasuk daerah rawan terjadi gempa di Maluku. Hampir setiap hari terjadi gempa di sejumlah daerah itu intensitas 2-3 SR.

Provinsi Maluku termasuk dalam salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.  Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik sehingga mengakibatkan patahan yang tidak beraturan.

Hingga kini, belum ada gempa yang berpotensi tsunami di Maluku. Gempa-gempa yang terjadi di Maluku kebanyakan tremor atau lokal dangkal yang terus-menerus dengan kekuatan berkisar 3-4 modified mercally intensity (MMI). (Jacko Agun).

Ilustrasi peta : bmkg.go.id/sa


Share on Google Plus

About MJ Channel

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: