Langsung ke konten utama

Trenggalek Terendam Banjir


Ratusan rumah di Kecamatan Trenggalek dan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, hingg Kamis (22/02) masih terendam banjir pada ketinggian lebih dari satu meter, akibat meluapnya air Sungai Ngasinan. Banjir sendiri sudah menggenangi kawasan tersebut sejak Selasa (21/02) sere.



Banjir ini disebabkan oleh meluap air ke perkampungan warga setelah dua buah tanggul di sungai Ngasinan jebol. Tanggul jebol karena tidak mampu menampung tingginya curah hujan yang terjadi lebih dari lima jam.

Berdasarkan informasi yang di terima Berita Lingkungan dari  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, diketahui banjir kali ini merandam empat desa yakni Kelurahan Tamanan, Ngares serta Kelutan Kecamatan Trenggalek dan Desa Ngadirenggo di Kecamatan Pogalan. Seluruh wilayah yang terendam banjir tersebut berada di bantaran sungai Ngasinan yang rutin menjadi langganan banjir.

"Saat ini kami masih melakukan pemantauan dilapangan, tapi kondisinya tidak terlalu parah, karena air ini sudah mulai surut," ujar Suprapto, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek melalui rilis yang kami terima

Data sementara BPBD Trenggalek, luapan air sungai tersebut tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur parah. BPBD juga mengimbau warga agar terus meningkatkan kewaspadaan, terutama dalam mengantisipasi bahaya banjir kiriman dari kawasan pegunungan, mengingat curah hujan di kawasan tersebut masih cukup tinggi.

BPBD Kab. Trenggalek dan instansi terkait juga sudah mengirimkan bantuan berupa makanan siap saji, membuat Dapur umum, lauk pauk, sembako dan kebutuhan air bersih. Sementara itu, BPBD Prov. Jatim sudah memberikan bantuan 1.600 paket makanan siap saji ke BPBD Kab. Trenggalek. (Jacko Agun)

Ketgam : Ilustrasi banjir di Trenggalek. Foto : diketik.net

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…