Langsung ke konten utama

Banjir Kepung Jakarta

Ilustrasi banjir Jakarta, sejumlah bocah malah bermain dengan air banjir, meski dengan kondisi air keruh dan bercampur dengan sampah yang tentu sangat rawan membawa bibit penyakit. Foto : Marwan Azis/Greenpress.
Curah hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Senin (2/4) hingga kemarin menyebabkan banjir di beberapa tempat di Jakarta.

Diantaranya, Kali Pesanggrahan, Kali Angke dan Kali Krukut yang menggenangi wilayah di Jakarta Barat, Jakarta Selatan hingga Tangerang. Banjir yang terjadi tingginya mencapai 1,5 meter.

Di Jakarta Timur, banjir terjadi di Kec. Pasar Rebo (Kel. Kali Sari,  Kel. Cijantung) dan Kec. Jatinegara (Kel. Kampung Melayu). Banjir terjadi akibat luapan Kali Ciliwung

Sedangkan di Jakarta Selatan, banjir menggenangi Kec Pesanggrahan (Kel. Cipedak dan Kel. Ulujami) dan Kec. Kebayoran Baru (Kel.Petogogan).“Tidak ada korban jiwa dari banjir tersebut. Ratusan rumah terendam banjir, sebagian masyarakat mengungsi dan kemacetan parah terjadi di beberapa tempat”, kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Di Kecamatan Pesanggrahan dan Kebayoran baru terdapat 6 RW yang terendam dengan pengungsi 850 jiwa karena tergenang banjir 30-150 cm. Sementara di wilayah Kp. Melayu, Kec Jatinegara, wilayah terkena banjir RW 01, RW 02, RW 03, RW 04, RW 05, RW 07, warga terdampak 1.068 KK dengan ketinggian genangan 20-100 cm.

BPBD Prov. DKI Jakarta bersama Sudinkes dan Dinas Suku Dinas PU Jaktim sudah berada di lokasi untuk memantau setiap perkembangan. Sudinsos menyediakan 250 paket nasi box.

Posko Banjir dan tempat pengungsian telah disiagakan untuk mengantisipasi banjir sejak Rabu pagi. Posko banjir di pusatkan di aula berkapasitas 500 jiwa dan beberapa tenda telah didirikan.

Berdasarkan prakiraan BMKG, Potensi banjir masih terjadi hingga 3 hari ke depan. Wilayah Jakarta akan masih diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang dan lebat.

Daerah-daerah yang terendam banjir saat ini diharapkan tetap meningkatkan kesiapsiagaan. Banjir yang terjadi pada daerah-daerah tersebut disebabkan oleh sempitnya alur dan lebar sungai.“Saat ini lebar sungai hanya berkisar 5 meter, bahkan ada yang  hanya 3 meter, padahal minimal idealnya 15 meter. Tidak aneh jika daerah-daerah tersebut rentan banjir”, tandasnya. (Jekson Simanjuntak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…

Bakau di Teluk Kendari Terus Menyusut

Masa kejayaan hutan bakau di sepanjang TelukKendari perlahan mulai redup, seiring maraknya pembangunan pemukiman di sekitarnya.