Langsung ke konten utama

Papua Barat Diayun Gempa

Ketgam: Tampak Kampung Makassar Kota Manokwari berhadapan dengan laut yang hari ini (21/4) diguncang gempa berkuatan 6,8 Skala Rektar. Foto : Beritalingkungan/Marwan Azis.
Ketgam: Tampak Kampung Makassar Kota Manokwari berhadapan dengan laut yang hari ini (21/4) diguncang gempa berkuatan 6,8 Skala Rektar. Foto : Greenpress/Marwan Azis.
Gempa 6,8 SR dengan kedalaman 10 km mengguncang Papua Barat, hari ini  (21/4) sekitar pukul 08:16:51 WIB. Data dari mediacenter BMKG menyebut pusat gempa berada 88 Km sebelah tenggara Manokwari dan tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, warga panik dan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi karena kuatir gempa diikuti tsunami.


Di Manokwari, tepatnya di Kelurahan Wosi warga yang dikagetkan ayunan gempa langsung berhamburan keluar rumah. Imroatun (42 tahun) misalnya. Ia menggendong cucunya yang masih berusia 4 Bulan sambil lari ke luar rumah bersama tetangganya. Di Hadi Mall, salah satu pusat perbelanjaan di kota ini, tampak puluhan karyawan berhamburan ke jalan.

Di sekitar Kampung Makassar, warga lari ke arah kantor bupati yang berada di atas bukit. Seorang warga Wosi, terluka di bagian punggung karena tersayat pagar duri saat lari dari lorong rumahnya. Sejumlah sekolah memilih memulangkan siswa.

Getaran pertama diikuti gempa susulan berskala 5.0 SR.  Selain di Kota Manokwari, ayunan gempa juga terasa di distrik Sidey yang berjarak kurang lebih 150 Km dari Manokwari. "Agak keras, tetangga juga lari ke luar rumah," kata Karno warga Distrik Sidey.

Warga di Kabupaten Teluk Bintuni juga merasakan ayunan gempa ini. "Gempa terasa sampai di LNG Tangguh,Tanah Merah," kata Agus seorang pekerja pada proyek LNG Tangguh Distrik Babo Teluk Bintuni.
Sebelumnya, Gempa berkekuatan 4,2 SR juga mengguncang Kota Sorong pada 19 April lalu sekitar pukul 14:16:11 WIT.  Pusat gempa berlokasi di 5 km Barat Laut Kota Sorong dengan Kedalaman 10 Km.

Informasi dari BMKG menyebut, gempa yg dirasakan masyarakat Sorong dan sekitarnya itu adalah akibat dari aktifitas  pergerakan Patahan Sorong yg melintas dari teluk Cendrawasih Papua  sampai Selatan Maluku Utara."Tidak ada dampak yang signifikan karena gempa relatif kecil," kata Edwan, warga Kota Sorong.(Patrix Barumbun Tandirerung)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Jurnalistik Lingkungan : Tantangan dan Kiat

Oleh : IGG Maha Adi
___________________________________________

Lingkungan hidup
• Seluruh benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, yang memengaruhi perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup. (UU No.23/1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup)
• Memengaruhi  Berinteraksi

Jurnalistik Lingkungan
• Kegiatan pemberitaan [mengumpulkan, memproses dan menerbitkan informasi yang bernilai berita] masalah-masalah lingkungan hidup.

Berita Lingkungan
Berita lingkungan hidup memiliki beberapa ciri, antara lain:
• menunjukkan interaksi saling memengaruhi antar- komponen lingkungan
• berorientasi dampak lingkungan
• pemberitaan dapat dari level gen hingga level biosfer

Apa Itu Berita Lingkungan ?
• Berita lingkungan hidup sering tidak dapat dibedakan dari berita-berita masalah sosial seperti kesehatan, kemiskinan, bahkan kriminalitas. Masalah dampak lingkungan hampir selalu berkaitan dengan persoalan lain yang kompleks.
• Patokan yang fleksibel diperlukanKisi-kisi: int…