Tentang Greenpress



Greenpress berdiri berawal dari sebuah keprihatinan sejumlah wartawan terhadap kondisi lingkungan hidup di Indonesia, akibat tingginya laju ekspolitasi sumber daya alam yang dilakukan manusia tanpa mempertimbangkan aspek keberlanjutan ekosistem. Kerusakan tersebut tak hanya berdampak pada kehidupan ekologi secara fisik tetapi telah berimbas pula pada meningkatnya angka kemiskinan di Indonesia.

Berbagai upaya dan gerakan yang dilakukan oleh sejumlah pihak untuk meminisir dampak kerusakan lingkungan, Meski demikian, laju perusakan dan pencemaran lingkungan terus terjadi bahkan kecenderungan memburuk. Disisi lain kebutuhan akan informasi lingkungan makin meningkat seiring dengan tingginya spektrum bencana alam yang diakibatkan pemanasan global dan tingginya tekanan manusia terhadap lingkungan.

Sayangnya peran pers sebagai mediator komunikasi informasi lingkungan belum berjalan efektif, hal tersebut tidak terlepas karena masih kuatnya paradigma industrialisasi pers yang dianut para pemilik media. Apalagi masih adanya pandangan miring para pengiat media bahwa isu lingkungan adalah sesuatu yang tidak menarik atau dengan kata lain tidak seksi untuk dijual. Ini dapat dilihat dari kurangnya pemberitaan isu-isu lingkungan di media massa diperparah lagi dengan rendahnya kapasitas jurnalis dalam bidang lingkungan hidup.

Padahal disadari bahwa media memiliki posisi yang cukup strategis dalam menjembatani berbagai problem komunikasi lingkungan, mengingat pers dapat diterima semua kalangan dan telah terbukti mampu menjadi mediator ampuh dalam menyelesaikan berbagai problem komunikasi. Terlebih lagi pers merupakan ujung tombak dari perluasan informasi komunikasi, ini sejalan dengan UU No 23 Tahun 1997 Bab III pasal 5 tentang pentingnya informasi lingkungan. Selain itu, pers sebagai kekuatan sosial kontrol terhadap jalannya proses pemerintahan dan proses demokratisasi tentu sangat membantu dalam mendukung proses advokasi kebijakan lingkungan yang lebih partisipatif.

Inilah yang melatar belakangi pendirian Greenpress pada tanggal 3 Oktober 2004.  Green Press terdaftar secara hukum di Notaris Yosephina Vestha Raya, SH pada tanggal 18 Mei 2006, saat ini Green Press telah memiliki simpul jaringan di beberapa daerah diantaranya Green Press simpul Kendari, Sulawesi Tenggara dan Green Press Jakarta dijadikan sebagai sentral informasi Green Press Network.

Visi Green Press:
  • Mendorong pengarusutamaan isu lingkungan lewat pemberitaan yang berkualitas.
  • Terwujudnya keadilan informasi yang berpihak pada kelestarian sumber daya alam.
  • Memperjuangkan hak berpendapat dan hak publik atas informasi lingkungan hidup.
Misi Green Press : Berperan sebagai mediator advokasi komunikasi informasi para pihak dan publikasi media guna mendorong proses transparansi kebijakan, serta partisipasi publik dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Program-Program Kerja
  • Melakukan kerja-kerja publikasi dan kampanye melalui media cetak, elektronika, website, dan millis yang menyangkut masalah lingkungan dan SDA serta upaya konservasi sumber daya alam dan pengembangan masyarakat.
  • Membangun dan memfasilitasi proses sharelearning para pihak untuk mewujudkan kebijakan lingkungan dan PSDA yang partisipatif dan inklusif yang berbasis masyarakat.
  • Meningkatkan kapasitas wartawan dalam investigasi, peliputan dan pemberitaan lingkungan melalui pelatihan jurnalistik lingkungan dan proses pelatihan lingkungan lainnya baik yang diselenggarakan GREEN PRESS maupun lembaga lain.
  • Membangun komunikasi dengan berbagai pihak, menjalin kerjasama, lobby dan mediasi berbagai pihak yang berkepentingan dengan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup.
  • Menyelenggarakan berbagai forum melalui workshop, lokakarya, pendidikan dan latihan, diskusi, penelitian serta kegiatan lain yang sejenis serta membangun sarana komunikasi untuk kepentingan masyarakat.
Informasi Lembaga :  Green Press

Nama Lembaga  : Green Press (Perkumpulan Jurnalis Lingkungan)
Alamat                 :
1) Komplek Bangun Jaya Blok B No. A-1 Duren Sawit, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia
    Mobile : 081808347729. greenpressjakarta@gmail.com, beritalingkungan@gmail.com,
    Portal greenpress.co.id www.beritalingkungan.com, blog :       www.greenpressnetwork.wordpress.com/

2) Jl.Bunga Nusa Indah No 16 Kota Kendari Sulawesi Tenggara.
Mobile                  : Yos Hasrul (08524184718). 081808347729 (Marwan Azis). Email: editorgreenpress@gmail.com

Email                     : greenpressjakarta@gmail.com
Weblog                 : https://greenpressnetwork.wordpress.com
website                : greenpress.co.id 
Facebook              : Green Press (redaksigreenpress@gmail.com)
Situs Berita          : www.beritalingkungan.com

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: