Langsung ke konten utama

Gallery




Stand Greenpress bersama RIC Sulawesi pada Pekan Kehutanan Indonesia di UGM, Yogyakarta, 2006.




Greenpress ikut mensupport inisiatif pengelolaan hutan ramah lingkungan berbasis ekolabel di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.


Peluncuran Film Greenpress dan Buku Pers dan Lingkungan Hidup yang bercerita tentang inisiasi Greenpress dan perjalanan mengelola program kehutanan di Sulawesi bekerjasama dengan MFP-DFID Inggris.



 Tabloid Jejak Sulawesi yang diterbitkan Greenpress kerjasama dengan MFP-DFID Inggris


Mengagas pendirian situs berita lingkungan di Indonesia (Beritalingkungan.com), Jakarta 2007














Mengelola program Regional Information Center (RIC) Sulawesi, sebuah program pengawalan informasi kehutanan dan lingkungan hidup se Sulawesi yang melibatkan jaringan jurnalis lingkungan se-Sulawesi, program ini berjalan dari tahun 2004 hingga 2006 atas support MFP-DFID Inggris.



Greenpress menginisiasi sejumlah piranti media lingkungan, salah satu diantara adalah Radio Komunitas Lingkungan yang dinamakan Greennews di Kendari.





Greenpress aktif menggelar berbagai acara lingkungan hidup yang membahas berbagai topik melalui diskusi reguler yang melibatkan para pihak.


     


Green News FM, adalah radio komunitas lingkungan yang sempat diinisiasi Greenpress di Kendari atas support MFIP-DFID Inggris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar Konservasi Kima di Toli-Toli

Iwan (34 tahun) menghirup napas dalam-dalam sebelum akhirnya menghilang dari permukaan laut. Gerakan yang lincah membuatnya dengan cepat  menggapai dasar laut yang dalamnya mencapai 15 meter itu.

Potensi Tambang Sulawesi Tenggara dalam Kepungan Investor

Gambar kegiatan eksplorasi tambang nikel di Pulau Lemo, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. foto: yoshasrul

Sektor pertambangan provinsi Sulawesi Tenggara cukup potensial dan menjadi perhatian investor nasional maupun asing yang bergerak di bidang pertambangan. Sulawesi Tenggara memiliki kandungan tambang yang sangat potensial dan telah banyak perusahaan yang telah melakukan eksplorasi utamanya kabupaten Buton, Konawe, Konawe Utara, dan kabupaten lain di Sulawesi Tenggara. Hal ini membuktikan bahwa Sulawesi Tenggara memilki potensi pertambangan yang dapat diandalkan, namun belum dioptimalkan pemanfaatannya.

Potensi pertambangan yang dimiliki oleh Sulawesi Tenggara diantaranya adalah Tambang aspal di Kabupaten Buton, Tambang nikel di kabupaten Kolaka, Konawe Utara dan Konawe, potensi tambang marmer, batu granit dan krom tersebar di beberapa kabupaten di Sulawesi Tenggara dan untuk potensi tambang minyak di Kabupaten Buton Utara dan Buton. Khusus untuk tambang aspal, beberapa perusahaan …

Otto Soemarwoto, Guru Besar Pro Lingkungan & NKRI

Guru besar emeritus Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, ini seorang tokoh yang pro lingkungan hidup dan pro Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Doktor dalam Plant Physiology, Universitas California, Berkeley, AS, kelahiran Purwokerto, Jawa Tengah, 19 Februari 1926, ini mengatakan setiap proyek harus bertujuan untuk memperkuat NKRI dan lingkungan hidup.


Prof Dr Otto Soemarwoto yang dikenal rendah hati dan sederhana, itu mengatakan selama ini banyak kegiatan pembangunan yang mengabaikannya. Dia memberi contoh, pembangunan transportasi yang lebih banyak diarahkan pada transportasi darat. Padahal Indonesia adalah negara kelautan. Akibatnya, laut belum menjadi penghubung, melainkan pemisah.

Menurut suami dari Idjah Natadipraja MA dan ayah dari Gatot Soemarwoto, Rini Soemarwoto dan Bambang Soemarwoto, itu pembangunan juga masih bersifat Jawa-sentris sehingga menimbulkan iri hati dan berujung kehendak untuk memisahkan diri. Menurutnya, sekitar 80 persen pembangunan jalan tol ada di…